Home » , » Cara Mengobati Gusi Bengkak secara Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak secara Alami

Tidak jauh berbeda dengan sakit gigi, gusi yang membengkak pun sangat menyiksa dan menganggu hari-hari yang kita lalui. Gusi bengkak terjadi karena peradangan dan infeksi pada jaringan gusi yang disebabkan oleh bakteri yang berada di rongga mulut. Akibatnya, seseorang yang mengalami gusi bengkak akan merasakan sakit pada gusi, bau mulut, pembentukan nanah, dan mengalami pendarahan saat menyikat gigi. Jika saat ini anda mengalami gusi bengkak, pelajari cara mengobati gusi bengkak.

Penyebab Gusi Bengkak

Gusi merupakan elemen penting yang berada di dalam mulut anda. Gusi yang umumnya berwarna pink merupakan jaringan kokoh yang membungkus tulang rahang atas dan rahang bawah dan menempel pada bagian bawah gigi. Sehingga apapun yang terjadi pada gigi dapat berdampak pada gusi. Karena itu, jagalah selalu kebersihan dan kesehatan gigi.

Beberapa penyebab gusi bengkak, yaitu givingitis atau radang gigi yang muncul tanpa disadari, jika tidak segera diatasi akan menyebabkan hilangnya gigi. Kekurangan vitamin B dan vitamin C juga dapat menyebabkan gusi bengkak, karena itu penuhi asupan vitamin B dan vitamin C anda agar kesehatan gusi terjaga dengan baik.

Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak
Gusi Bengkak

Ada banyak obat-obatan dan cara-cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak. Jika anda mengalami gusi bengkak, lakukan cara berikut.

Pertama, berkumurlah dengan air garam. Di dalam larutan air garam terdapat antiseptik yang dapat meredakan pembengkakan serta membunuh kuman penyebab pembengkakan gusi. Lakukan kumur-kumur 2-3 kali sehari, tak lupa bilas/kumur kembali dengan air bersih.

Kedua, larutan air dari campuran daun sirih, kunyit dan garam. Rebus tiga bahan tersebut hingga mendidih, kemudian saring airnya, dan berkumurlah dengan air tersebut secara teratur. Ketiga, minyak cengkeh dan lada hitam. Cukup oleskan minyak cengkeh yang dicampur sedikit lada hitam pada area yang bengkak, hal ini akan mengurangi rasa nyeri pada gusi yang bengkak.

Selain menggunakan bahan alami mengatasi gusi membengkak, anda juga dapat mengobati gusi bengkak dengan rajin menyikat gigi, konsumsi banyak air, karena air akan membantu merangsang produksi air liur yang membunuh bakteri penyebab gusi bengkak. Anda juga dapat mengompres area wajah anda pada gusi yang bengkak, hal ini membantu mengurangi pembengkakan dan mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan oleh gusi yang bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak dapat anda lakukan secara teratur untuk menyembuhkan gusi anda. Hal yang paling urgent untuk mengatasi gusi bengkak adalah lakukan pencegahan dengan cara merawat dan membersihkan mulut anda agar terhindar dari kuman atau bakteri penyebab penyakit. Penuhi asupan vitamin C dan vitamin B anda yang membantu kesehatan gigi dan gusi. Jika pembengkakan terjadi dalam waktu yang lama, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.
loading...