Home » , , , , » Hal yang Dapat Menimbulkan Jerawat dan Pencegahannya

Hal yang Dapat Menimbulkan Jerawat dan Pencegahannya

Jerawat merupakan kata yang hampir semua orang tahu artinya bahkan sebagian besar orang telah pernah merasakannya dan memiliki berbagai ekspresi untung mengungkapkan perasaanya saat memiliki atau terkena jerawat ini seperti marah, kesal, malu dan sebagainya. Pada umumnya jerawat yang tumbuh dikulit akan hilang sendirinya seiring berjalannnya waktu, akan tetapi dengan penanganan yang salah malah dapat memperparah keadaan jerawat anda. Selain itu orang yang memiliki jerawat akan merasa tidak nyaman dengan keadaan wajah mereka, oleh karena itu diperlukan tindakan penanganan yang tepat dan hal yang paling harus diperhatikan yaitu tindakan pencegahan terhadap timbulnya jerawat ini dengan menghindari hal – hal yang dapat menimbulkan jerawat.

Dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat pastinya dapat meminimalkan kemungkinan timbulnya jerawat bahkan mengurangi jerawat yang telah ada atau memaksimalkan kerja kulit untuk lebih cepat beregenerasi. Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari dan  tindakan pencegahan yang harus dilakukan.

Hal yang Dapat Menimbulkan Jerawat dan Pencegahannya

1. Hindari Memegang Wajah dengan Tangan yang Kotor
Hal yang paling sering dilakukan dan paling susah dihindari yaitu adalah mencegah ulah tangan, jari dan kuku dari wajah kita, banyak orang yang memiliki jerawat merasa jengkel dan kesal dengan jerawatnya sehingga membuat mereka tidak tahan untuk memencet atau sekedar menyentuhnya, padahal hal ini sangat tidak baik mengingat banyaknya kotoran yang dapat disebarkan oleh tangan kita kewajah yang dapat memperparah keadaan wajah kita.
Baca juga Akibat buruk dari kebiasaan memegang wajah

2. Terkena Debu, Rambut, Sarung Bantal yang Kotor dan Kontak Fisik Lainnya
Berkaitan dengan memgang wajah, kontak fisik yang terjadi diwajah pun sangat tidak baik terhadap keadaan wajah anda apalagi barang tersebut terbilang kotor. Oleh karena itu perhatikan segala hal yang mengenai wajah anda seperti rambut, sarung bantal yang jarang dibersihkan hingga barang lainnya seperti masker dll.
Baca juga Cara mencuci wajah yang baik

3. Kosmetik yang Berlebihan dan Tidak Cocok dengan Wajah anda.
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dan dihindari yaitu penggunaan kosmetik atau bahan kimia lainnya terhadap kulit wajah anda. Apalagi kulit yang sensitif dan berjerawat sangat tidak dianjurkan untuk mengenakan kosmetik yang berlebihan karena akan mengakibatkan tersumbatnya pori wajah anda bahkan dapat menyebabkan peradangan pada jerawat, oleh karena itu tampilah dengan kosmetik seadanya seperti yang saya jelaskan di Cara tampil cantik alami tanpa makup.

4. Hindari Makanan Berminyak dll.
Saya yakin hampir setiap orang yang mempunyai jerawat dan ingin menghilangkannya mengetahui bahwa makanan berminyak dan kacang – kacangan akan memperparah keadaan wajah mereka akan tetapi sebagian besar sedikit kurang memperdulikannya, padahal makanan berminyak dan kacang – kacangan akan meningkatkan produksi minyak diwajah anda, oleh karena itu usahakan untuk menghindari mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

5. Hindari Minuman Bersoda, Rokok dan Kopi
Selain makanan, rokok dan minuman bersoda dan kopi yang mengandung kafein juga dapat memperparah keadaan wajah anda oleh karena itu jika ingin mencegah timbulnya jerawat usahakan untuk menghindari minuman tersebut yang tidak baik bagi peredaran darah anda.
Baca juga Makanan dan Minuman Penyebab Jerawat

6. Hindari Stress dan Tidur Larut Malam
Faktor psikologis juga berperan penting terhadap keadaan hormon kita yang tidak stabil sehingga dapat meningkatkan produksi lemak dan memacu timbulnya jerawat, oleh karena itu usahakanlah untuk menghindari tidur yang terlalu malam dan opemikiran yang berlebihan (stress).

Dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat selain mencegah timbulnya jerawat juga dapat mempercepat proses penyembuhannya seperti yang saya jelaskan pada cara menghilangkan jerawat secara alami, oleh karena itu segera perhatikan tindakan pencegahan dan penanganan secara alami terhadap wajah anda yang berjerawat.

loading...