Home » , , , , » Manfaat Minum Susu bagi Tubuh, Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minum Susu bagi Tubuh, Kesehatan dan Kecantikan

Susu merupakan sebuah minuman atau cairan yang berwarna putih . Susu merupakan salah satu minuman kaya gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh dan wajib bagi anak dalam usia pertumbuhan (bayi) karena susu merupakan sumber gizi utama yang dapat dikonsumsi balita tersebut. Susu yang dikonsumsi oleh anak balita biasanya merupakan susu yang berasal dari kelenjar susu manusia (ibunya) yang merupakan jenis susu yang paling baik bagi anak tersebut sedangkan jenis susu lainnya diperoleh dari kelenjar susu hewan seperti yang paling umum adalah susu sapi dan juga dari tumbuhan yaitu susu kedelai.
manfaat susu
manfaat susu
Di beberapa negara besar seperti di Eropa susu telah menjadi hal yang lumrah dan menjadi kewajiban bagi keseharian mereka, hal tersebut menandakan besarnya kesadaran terhadap pemenuhan gizi dengan mengkonsumsi susu yang cukup setiap harinya, hal tersebut tidak hanya terjadi untuk anak usia produktif tetapi juga bagi remaja dan dewasa yang tetap memerlukan asupan gizi dari susu. Di negara Indonesia sendiri berdasar hasil penelitian menunjukan hasil yang sungguh miris terhadap angka / tingkat konsumsi susu yaitu 7,7 lt perkapita pertahun atau hanya 19 gram sehari, kecil sekali bukan? Bahkan Indonesia merupakan negara dengan tingkat konsumsi susu terendah se- asiat tenggara. Padahal susu sangat diperlukan oleh tubuh manusia, berikut adalah beberapa manfaat susu bagi tubuh.

Manfaat Minum Susu bagi Tubuh, Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah dan Memperbaiki Gigi Rusak
Gigi mempunyai susunan yang sedikit mirip dengan tulang dan sebagian besar tersusun atas kalsium. Dengan meminum susu yang kaya akan kalsium dan Vit D akan memperbaiki dan mencegah kerusakan gigi.

2. Mencegah Kerusakan Tulang dan Osteoporosis
Kandungan kalsium yang terdapat dalam susu sangat baik untuk mencegah kerusakan tulang anda dan begitu pula dengan mencegah osteoporosis di masa mendatang.

3. Mencegah Dehidrasi dan Mengganti Cairan Tubuh
Susu juga dapat menggantikan cairan tubuh anda seperti halnya air putih selain memberikan vitamin dan kalsium.

4. Mencegah Kanker Usus
Kalsium dari susu dapatn berperan dalam menghambat perkembangan adenoma yang merupakan tumor ganas yang dapat menyerang kolon (usus besar).

5. Mempercepat dan Berkontribusi dalam Pertumbuhan
Hal ini sudah menjadi hal paling umum yang sangat kita ketahui, oleh karena itu anak – anak sangat diharuskan untuk mengkonsumsi susu yang cukup setiap harinya.
Baca juga: Cara Cepat Tinggi

6. Merilekskan Tubuh dan Otot
Selain baik bagi pertumbuhan dan kesehatan, meminum susu di malam hari dapat membantu merilekskan otot dan saraf anda sehingga tidur anda dapat lebih tenang.

Selain manfaat dan khasiat susu diatas, masih banyak lagi kandungan susu yang sangat baik bagi tubuh dan kecantikan anda. Oleh karena itu penuhilah gizi anda dengan meminum susu setiap harinya.

loading...