Home » , , » Sariawan di Lidah dan Cara Mengobatinya

Sariawan di Lidah dan Cara Mengobatinya

Sariawan tampaknya sepele namun rasa sakit dan perihnya tergolong sangat mengganggu khususnya sariawan di lidah. Bayangkan saja, bila bibir atau pipi bagian dalam yang terkena sariawan saja rasanya sangat sakit, apalagi bila sariawan itu munculnya di lidah yang merupakan salah satu bagian mulut yang memiliki banyak fungsi, mulai dari alat untuk membantu berbicara hingga mengolah makanan di dalam rongga mulut.

Ada beberapa penyebab umum seseorang dapat terkena sariawan, diantaranya seperti karena kebersihan mulut yang kurang, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang menyebabkan iritasi di lidah, seperti makanan yang terlalu panas dan terlalu pedas serta dapat juga disebabkan karena tergigit.

Lalu, bagaimana cara mengobati sariawan yang efektif sehingga sariawan pun cepat hilang dari rongga mulut khususnya lidah? Sebenarnya, saat ini ada banyak produk obat sariawan yang efektif dan cepat untuk mengobati sariawan, namun ada beberapa orang yang enggan untuk menggunakan obat tersebut karena terasa sangat perih ketika ditetesi oleh produk obat tersebut.
Baca juga Cara menghilangkan kantung mata cepat dan alami

Sariawan di Lidah dan Cara Mengobatinya
Sariawan di Lidah


Oleh sebab itu, mereka lebih suka mengobati sariawannya dengan cara alami dan tradisional. Ada beberapa cara mengobati sariawan di lidah yang cukup efektif dengan menggunakan bahan-bahan tradisional yang mudah dijumpai di sekitar anda :

• Madu Murni

Madu murni mengandung zat yang berguna sebagai antimikroba dan juga antiinflamasi sehingga bakteri yang bersarang di rongga mulut dapat dibasmi serta peradangan di area lidah yang terkena sariawan pun dapat berkurang. Untuk mengobati sariawan di lidah dengan madu murni pun caranya sangat mudah, anda tinggal mengoleskan madu murni ke area lidah yang terkena sariawan.
Lihat Cara aman mengatasi sariawan pada anak

Oleskan madu murni secara rutin, setidaknya dua kali sehari hingga sariawan menghilang. Selain dioleskan ke area lidah yang terkena sariawan, anda juga dapat menggunakan metode lain, yaitu dengan cara langsung meminum madu murni.

• Yoghurt

Selain madu murni, anda juga dapat mengobati sariawan di lidah dengan menggunakan yoghurt karena salah satu jenis minuman yang menyehatkan tubuh ini mampu membantu keseimbangan bakteri di dalam tubuh termasuk rongga mulut, sehingga hal tersebut juga dapat membantu menyembuhkan sariawan dengan lebih cepat sekaligus dapat mencegah munculnya sariawan lagi.

• Buah

Buah khususnya yang kaya akan vitamin C dapat membantu proses penyembuhan sariawan yang ada di rongga mulut termasuk sariawan di lidah, selain itu buah-buahan seperti jeruk, mangga, strawberry, dan lain sebagainya juga berguna untuk membentuk sel baru dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus penyakit

• Air Hangat yang dicampur dengan Garam

Garam mengandung bahan alami yang baik untuk menghilangkan sariawan khususnya yang ada di lidah. Untuk menggunakan garam sebagai obat sariawan, maka anda hanya perlu melarutkan garam secukupnya dengan air hangat. Lalu larutan tersebut jadikan sebagai obat kumur. Kumurlah dengan larutan air garam tersebut setidaknya  3 kali setiap hari.

• Jaga Kebersihan Mulut dan Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Bersifat Iritasi

Kebersihan mulut juga berpengaruh terhadap proses penyembuhan sariawan, khususnya yang ada di lidah. Rajin menggosok gigi serta dilengkapi dengan berkumur larutan air garam dapat mempercepat hilangnya sariawan. Selain itu, selama sariawan hendaknya anda menghindari jenis makanan yang bersifat mengiritasi, seperti makanan yang terlalu pedas atau yang terlalu panas, sebab hal tersebut malah akan membuat sariawan menjadi lebih parah karena lidah akan semaki teriritasi.

Itulah beberapa cara yang cukup efektif untuk mengobati sariawan di lidah. Meskipun terlihat sepele, namun sebaiknya anda tidak terlalu meremehkan sariawan yang ada di lidah, sebab bisa jadi sariawan di lidah merupakan salah satu gejala kanker lidah.

loading...